14 December 2019

Bagian Humas

  1. Bagian Humas mempunyai tugas pokok memberikan informasi dan melaksanakan koordinasi humas keluar dan kedalam, merencanakan program kerja dan mengatur penyelenggaraan kehumasan begi kepentingan DPRD dan Sekretariat DPRD.
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, kepala bagian humas menyelenggarakan fungsi :
    1. Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknik informasi dan koordinasi pelaksanaan humas;
    2. Perencanaan program kerja bagian humas berdasarkan data dan program kerja sekretariat DPRD agar terjamin singkronisasi dalam pelaksanaan tugas sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
    3. Pemberian keterangan atau konferensi pers masyarakat kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD setelah mendapat persetujuan pimpinan;
    4. Pelaksanaan kerjasama dengan media masa guna penyebaran informasi menyangkut kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
    5. Penyelenggaraan koordinasi dan kerjasama interen di lingkungan bagian sekretariat DPRD;
    6. Pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pengelolaan perpustakaan dan dokumentasi sekretariat DPRD;
    7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris DPRD sesuai tugas dan fungsinya.
  1. Bagian Humas Sekretariat DPRD terdiri dari 2 (dua) Sub bagian antara lain :
    1. Sub Bagian Protokol dan Publikasi;
    2. Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan.
  2. Masing-masing sub bagian sebagaimana dimaksud, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada kepala bagian humas.
  1. Kepala Sub Bagian Protokoler dan Publikasi mempunyai tugas pokok melakukan pengumpulan data dan informasi serta menyelenggarakan urusan keprotokoleran bagi kebutuhan DPRD dan Sekretariat DPRD.
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud kepala sub bagian protokoler menyelenggarakan fungsi :
    1. Perencanaan kegiatan berdasarkan program kerja DPRD dan Sekretariat DPRD;
    2. Menyiapkan acara dan jadwal perjalanan dinas pimpinan DPRD;
    3. Penyiapan undangan dan jadwal acara kegiatan sidang pleno, sidang komisi, rapat fraksi, rapat panitia dan rapat-rapat lainnya untuk menjamin tertibnya penyelenggaraan sidang/rapat;
    4. Penyiapan bahan dalam rangka penyusunan acara perjalanan pimpinan DPRD dan anggota DPRD;
    5. Penyiapan bahan dalam rangka penyelenggaraan upacara-upacara resmi kenegaraan yang berlangsung di lingkungan Sekretariat DPRD;
    6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala bagian humas sesuai bidang tugas dan fungsinya.
  1. Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Perpustakaan mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan dan data, termasuk hasil liputan semua kegiatan DPRD dalam rangka publikasi dan dokumentasi kegiatan dan produk hukum DPRD serta pengelolaan perpustakaan.
  2. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, kepala sub bagian dokumentasi dan perpustakaan menyelenggarakan fungsi :
    1. Pengumpulan dan penyiapan bahan dan data yang berubungan dengan kegiatan DPRD;
    2. Penyelenggaraan kerjasama peliputan terhadap kegiatan DPRD;
    3. Penyelenggaraan kerjasama jaringan dokumentasi, publikasi dan perpustakaan;
    4. Penyiapan bahan informasi kegiatan pers serta media masa;
    5. Penyelenggaraan pembinaan dan pengelolaan dokumentasi dan perpustakaan;
    6. Penyelenggaraan pelayanan dokumentasi dan publikasi kepada pimpinan dan anggota-anggota DPRD;
    7. Perencanaan kebutuan bahan-bahan pustaka dan pembuatan daftar dan referensi lainnya;
    8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Bagian Humas sesuai tugas dan fungsinya.

Copyright DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat © 2016